Kamis, 19 Januari 2012

0 Kemiskinan

Persoalan kemiskinan akan selalu menarik untuk dikaji karena merupakan masalah serius yang menyangkut dimensi kemanusian. Lebih dari itu, kemiskinan telah menjadi sebuah gejala universal. Kemiskinan tetap merupakan masalah yang tidak bisa mudah untuk dicarikan solusinya karena telah ada sejak lama, dan menjadi sebuah keniscayaan yang hidup di tengah masyarakat.

Dengan kata lain, kemiskinan merupakan kenyataan abadi dalam kehidupan manusia. Berkaitan dengan masalah ini, isu-isu kesenjangan dan ketimpangan sosial-ekonomi semakin mengapung ke permukaan. Tidak terkecuali di Indonesia, wacana ini selalu menjadi pembahasan yang tidak pernah selesai mengingat angka dan realitas kemiskinan di Indonesia sangat mengkhawatirkan.

Dalam hal ini, Negara sudah sepatutnya dianggap sebagai pihak yang paling bertanggungjawab untuk memikirkan dan mengatasi masalah ini. Karena kemiskinan merupakan salah satu akar dari segala konflik horizontal yang selama ini terjadi, maka persoalan kemiskinan merupakan persoalan fundamental yang menerpa bangsa ini.

Tentunya Negara harus melakukan berbagai pendekatan dan langkah-langkah strategis untuk mengupayakan terwujudnya keadilan sosial dan persaudaraan di tengah-tengah masyarakat, serta mengawasi distribusi sumber daya produktif dengan pengaturan regulasi pajak secara benar, sumber daya alam, dan mengusahakan perluasan kesempatan kerja bagi seluruh masyarakat.

sumber : http://www.gema-nurani.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

ANGGUN's BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates