Senin, 07 November 2011

0 URBANISASI

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi adalah masalah yang cukup serius bagi kita semua. Persebaran penduduk yang tidak merata antara desa dengan kota akan menimbulkan berbagai permasalahan kehidupan sosial kemasyarakatan. Banyaknya penduduk yang memimpikan kehidupan yang lebih baik di kota menjadi satu alasan terjadinya urbanisasi. Namun, datangnya penduduk ke kota tanpa disertai kemampuan apapun justru membuat permasalahan kota-kota besar semakin memburuk. Kemiskinan merajalela di setiap mata memandang.

Ada moment-moment tertentu yang digunakan oleh penduduk dalam berurbanisasi. Sebagai contoh pada saat moment Lebaran. Tiap terjadi arus balik Lebaran, sejumlah kota besar pasti akan kedatangan warga baru. Ini terjadi karena pemudik biasanya membawa kerabat atau tetangga mereka. Ini membuat kota-kota menjadi bertambah padat penduduknya. Hal inilah yang membuat pemerintah daerah menjadi kewalahan dalam mengatur arus urbanisasi.

Berbagai cara diupayakan oleh pemerintah daerah dalam meminimalisir arus urbanisasi. Sebagai contoh dengan digalakannya operasi kependudukan (yustisi). Selain peran pemerintah daerah, pemerintah pusat juga harus ikut berperan dengan berbagai kebijakan tentang pengembangkan daerah-daerah pedesaan serta mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru. Diharapkan dengan makin bertumbuhnya daerah pedesaan dan juga menyebarnya daerah-daerah pertumbuhan ekonomi, membuat makin meratanya persebaran daerah perkotaan, dan tak perlu takut lagi akan masalah urbanisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ANGGUN's BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates